SMA Negeri 1 Tempel baru saja mengadakan kegiatan Perkemahan Akhir Tahun yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 April 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Lembah Merapi. Peserta kegiatan yaitu semua siswa kelas X juga Dewan Ambalan dan Pembina. Kegiatan diawali dengan regristrasi di sekolah, yang kemudian dilanjutkan Apel Pelepasan Peserta Perata. Sesampainya di  Bumi Perkemahan Lembah Merapi, semua peserta segera melaksanakan Giat Prestasi yang pertama, yaitu mendirikan tenda dan pionering, setelah itu dilanjutkan dengan shalat jumat berjamaah. Sore harinya dilaksanakan Upacara Adat Pembukaan Perkemahan Akhir Tahun. Malamnya dilanjutkan dengan Giat Prestasi yang lainnya. Sekitar 14 maca jenis Giat Prestasi yang di ikuti peserta selama perkemahan.

Hari kedua, di pagi harinya peserta melaksanakan senam bersama, yang dipimpin oleh Dewan Ambalan. Begitu senam selesai peserta di persilakan untuk sarapan. Selanjutnya mereka segera mengikuti Giat Prestasi Jelajah Alam dengan rute yang sudah di tentukan oleh panitia. Sepanjang rute perjalanan dibagi tiga pos, dimana masing-masing pos memili teka-teki yang harus dipecahkan oleh peserta. Jelajah Alam selesai sekitar pukul 12.00, peserta diberi waktu untuk istirahat dan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.  Malamnya setelah dilaksanakan shalat isya’ berjamaah semua peserta tak terkecuali Dewan Ambalan dan Pembina melaksanakan acara makan-makanan adat. Makanan adatnya berupa nasi, sambal teri dan oseng daun papaya. Setelah acara makan-makanan adat dilanjutkan dengan kegiatan yang menjadi puncak perkemahan, yaitu Api Unggun. Upacara Api Unggun dilakukan dengan khidmat. Begitu acara Api Unggun selesai dilanjutkan Giat Prestasi Fashion Show. Setelah itu Giat Prestasi Pentas Seni. Beragam Pentas Seni yang ditampilkan oleh peserta tak terkecuali Dewan Ambalan

.                     

Paginya dimulai juga dengan senam bersama yang kemudian dilanjutkan dengan ODMG. Karena ini merupakan hari ke tiga atau hari terakhir, setelah sarapan peserta segera berberes-beres, membongkat tenda dan membersihkan area. Setelah itu segera dilaksanakan Upacara Adat Penutupan Perkemahan Akhir Tahun. Setelah Upacara selesai dilanjutkan pengumuman kejuaraan Giat Prestasi juga pengumuman penghargaan Duta Perata Tahun 2017/2018. Begitu dibubarkan peserta segera menuju truk untuk kembali pulang ke sekolah.

Site Info Site Info