Ppdb atau yang sering kita kenal dengan sistem pendaftaran online merupakan salah satu sistem pendidikan untuk mendaftrakan siswa atau siswi masuk ke sekolah baru mereka. Pada tanggal … juli 2018,SMA N 1 TEMPEL juga melakukan PPDB online sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pemerintah sebelum para calon peserta didik baru melakukan pendaftran online,calon peserta didik melakukan pengambilan token yang dilakukan pada tanggal… sampai ….

Mereka mengisikan formulir data diri dengan persyaratan lengkap untuk bisa mengambil token pendaftaran. Setelah mereka mengambil token,selang beberapa hari pendaftar bisa mengakses sistem ppdb online sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Pendaftar setiap hari lebih tepatnya 3 hari berdatangan di SMA N 1 TEMPEL untuk memantau ataupun meminta bantuan karena adanya problem saat mereka mendaftar.

Mereka juga dapat mendaftrkan diri mereka langsung ke SMA atau lebih tepatnya kami membuka bantuan kepada mereka yang masih bingung bagaimana cara mendaftar dalam sistem ppdb ini. Pendaftar datang dan mengisi formulir yang diberikan dari pihak sekolah untuk mengmabil token. Mereka bisa melakukan pendaftaran secara mandiri di rumah dan juga di sekolah.

Setelah mereka mendaftrkan data diri,pendaftar langsung bisa memantau nama mereka di kolom sekolah yang mereka inginkan. Selama 3 hari nama mereka diseleksi untuk mengetahui dimana mereka diterima dan akan bersekolah nantinya.

Hingga 3 hari lamanya mereka menempuh seleksi,akhirnya pada anggal… juli 2018 dilaksanakan pengumuman siswa baru di setiap SMA. Calon peserta didik baru datang ke sekolah untuk memastikan nama mereka pada pagi hari.

Siangnya orang tua atau wali mereka beserta calon peserta didik melakukan musyawarah bagi peserta didik baru di SMA N 1 TEMPEL. Di kemudian hari dilakukan daftar ulang untuk memastikan bahwa nama yang lolos terseleksi benar benar lolos dan sudah mendaftarkan dirinya kembali secara resmi di SMA yang menerima mereka.

Di SMA N 1 TEMPEL para peserta didik baru melengkapi data data diri lain untuk melengkapi data dirinya di sekolah baru dan juga melakukan pengucapan janji di depan guru,orang tua,serta peserta didik lainnya secara lantang dan jelas.

Hari berikutnya peserta didik melakukan tes psikologi untuk mengetahui kemampuan mereka apakah kemampuan mereka seimbang dengan pilihan jurusan yang mereka pilih. Tes psikologi dimulai dari pukul 10.00 hingga pukul 14.00. sebagian dari mereka datang sendiri tanpa orang tua dan sebagian datang bersama dengan orang tua.

Setelah rangkaian acara PPDB selesai,SMA N 1 TEMPEL melaksanakan MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah tahun ajaran 2018/2019. Acara MPLS dilaksanakan selama 3 hari. Dalam acara ini peserta didik baru diberi pengarahan mengenai seluk beluk sekolah SMA N 1 TEMPEL dan juga diberi pembekalan penguatan karakter dari berbagai narasumber yang mengisi dalam acara ini.

Setiap harinya,peserta didik baru membawa barang bawaan untuk bakti sosial yang akan dilakukan pada hari ketiga sebagai penutupan kegiatan MPLS. Mereka membawa seperti gula,beras,minyak,teh dan juga mie sesuai dengan jadwal yang sudah dibagikan. Barang bakti sosial itu dikumpulkan saat jam istirahat kemudian oleh OSIS akan ditata dan dikemasi. Sebagai penutup acara atau lebih tepatnya rangkaian acara selama 2 hari diakhiri dengan latihan PBB yang di ajarkan oleh bapak Tugino.

Saat hari terakhir PBB,diadakan seleksi untuk anggota PBB tingkat kecamatan di tempel.  Setiappagi hari selama MPLS juga diadakan apel pagi yang diikuti oleh peserta didik baru,osis dan juga guru pembimbing. Yang kemudian dilanjutkan dengan materi dan juga fun games dari OSIS. Di hari terakhir MPLS,peserta didik yang dipilih dan juga sebagian dari anggota osis yang bertangung jawab atas baksos,melakukan bakti sosial di dusun sekitar SMA N 1 TEMPEL.

Selain bakti sosial,dihariMPLS juga diumukaan atas pembagian kelas yang nantinya mereka akan dikelompokkan duduknya sesuai dengan kelas yang mereka akan duduki nantinya. Setelah itu mereka membentuk kepengurusan kelas selama satu periode di kelas 10 dan kemudian membacakan hasilnya didepan agar teman temannya bisa tahu dan mendengar.

Selagi menunggu peserta lain yang sedang latihan tata upacara bendera untuk apel penutupan apel,peserta di dalam di hibur dengan dari OSIS dan juga diajarkan menyanyikan lagu mars SMA N 1 TEMPEL . satu dari peserta didik juga ada yang menunjukan bakatnya dalam bidang musik.

Setelah latihan tata upacara bendera untuk apel penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah selesai,dilanjutkan dengan apel penutpan dengan petugas dari peserta didik yang sudah di latih tata upacara bnedera oleh OSIS.

Site Info Site Info