Sejarah Singkat

SMA Negeri 1 Tempel didirikan pada tanggal 5 Januari 1999 berdasar SK Mendikbud RI No 001a/ O/ 1999. Secara de facto sudah menerima siswa sejak tahun 1997/ 1998 berdasar intruksi Depdikbud propinsi DIY No 4161/ I.13/ MN/ 1997 waktu itu masih menggabung di SMAN 1 Sleman.

SMAN 1 Tempel berlokasi di Kecamatan Tempel Sleman dengan potensi daerah perbatasan Propinsi Jawa Tengah dan DIY, berada di sekitar  sungai Krasak dan pedesaan dengan pengambilan material sungai Krasak dan  dominan perkebunan salak. Daerah Tempel terdapat pusat budidaya, perdagangan dan pengolahan salak.

Kekayaan potensi di Kecamatan Tempel tersebut dapat menjadi modal dasar untuk mengembangkan kurikulum SMAN 1 Tempel. Wilayah pedesaan  sangat mendukung untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aman, nyaman, tertib dan kondusif, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan tenang dan menyenangkan (enjoyble learning). Iklim yang demikian akan mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan bermakna. Suasana tersebut akan memupuk tumbuhnya kemandirian dan berkurangnya ketergantungan di kalangan warga sekolah, bersikap adaptif dan proaktif serta memiliki jiwa kewirausahaan tinggi (ulet, inovatif dan berani mengambil resiko), tidak saja bagi peserta didik tetapi seluruh warga sekolah.

Site Info Site Info